Medium: Sebuah Awal dan Ulang

Maret 2021, akhirnya saya memutuskan untuk memulai menulis kembali!

Menulis bebas, lepas, dan tanpa format tepatnya.

Setelah hampir dua tahun berkutat pada penulisan yang kaku dan formal untuk riset dan penelitian yang diminta dosen, akhirnya saya memberanikan diri untuk menulis bebas kembali. Lebih tepatnya disadarkan oleh momen-momen menulis bebas belakangan ini yang ketika saya baca ulang malah membuat saya merasa, “Kok begini amat ya tulisan gue…”. Terlalu formal, kaku, dan tegas, sampai-sampai saya sendiri pun malas bacanya. Bahkan sekadar mencoba untuk menulis cerita dan pengalaman di jurnal harian saja tetiba rasanya sulit sekali.

Selain itu, blog pribadi yang sebenarnya sudah dimulai sejak 2019 lalu sudah lama mati, saking tidak adanya inspirasi untuk menulis. Atau, sebenarnya ada inspirasi, namun terlalu banyak prokrastinasi atau nggak sempat untuk dituangkan, jadilah dia menguap lagi. Walaupun ya.. sesekali masih mengecek juga, barangkali kangen menulis atau justru lupa sama apa saja yang pernah ditulis.

Blog pribadi tersebut berbentuk blogspot yang entah mengapa semakin lama membosankan karena jarang ada interaksi di dalamnya (atau mungkin saya saja yang nggak aktif). Setelah sekian waktu mencari platform yang tepat untuk menulis bebas kembali, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Medium, yang dilabel sebagai platform untuk “berbagi cerita” sekaligus disebut cukup baik untuk mendapatkan pencerahan dan gagasan baru.

Selebihnya, mengenai hal-hal yang akan ditulis ke depannya saya rasa gak akan jauh dari cerita keseharian dan pengalaman, atau tentang buku dan film. Boleh jadi sesekali diseling juga dengan buah pikir yang sebenarnya gak oke-oke amat, tapi diyakinkan untuk dibagi karena, ya, namanya juga Medium.

Jadi, mari kita mulai. :)

--

--

I turn my contemplation into writing, sometimes.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store